INFORMASI :

Selamat Datang di website Desa Candimulyo Kec. Kebumen.  Bersama membangun Desa  ==> Semangat persatuan terus dikobarkan, 77 tahun Indonesia merdeka semoga jadi momentum kebangkitan kita semua! Dirgahayu Indonesiaku <==

LOMBA MENYUSUN MENU DAN MAKANAN SEHAT BAGI KPM DESA CANDIMULYO TAHUN 2022

LOMBA MENYUSUN MENU DAN MAKANAN SEHAT BAGI KPM DESA CANDIMULYO TAHUN 2022

Candimulyo - Pola konsumsi pangan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang. Hal ini disebabkan karena kuantitas dan kualitas pangan yang dikonsumsi akan mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit terkait gizi, maka pola konsumsi pangan masyarakat perlu ditingkatkan kearah konsumsi pangan Beragam, Bergizi seimbang, dan Aman (B2SA).

Guna memotivasi masyarakat agar mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA), maka Kabupaten Kebumen mengeluarkan Surat Edaran Nomor 526/484 Tentang Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehat Sehari Bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Tahun 2022, guna menindaklanjuti SE tersebut, Pemerintah Desa Candimulyo bersama PKK Desa Candimulyo pada tanggal 18 Maret 2022 pukul 10.00 Wib bertempat di Aula Balai Desa Candimulyo menyelenggarakan Lomba tersebut yang diikuti oleh 10 KPM Bantuan Sosial dari Pemerintah. Lomba tersebut dimaksudkan agar setiap individu yang bertanggung jawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga sehari-hari dapat menyajikan menu yang beragam, bergizi seimbang, dan aman.

Ada 10 KPM yang mengikuti lomba hari ini. Mereka menyedikan menu makanan sehat yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur mayur dan buah-buahan. Mereka Menyusun menu dengan kreativitas masing-masing serta beraneka ragam yang terdiri atas aneka karbohidrat, tumisan, sayur kuah, santan hingga berbagai olahan lauk. Peserta menyajikan 3 menu untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Setiap menu bernilai Rp 10.000,00  sehingga memerlukan anggaran Rp 30.000,00. Dengan anggaran tersebut harus menyajikan makanan sehat yang komplit dengan jumlah kalori 2100. Tim Dewan juri berasal dari tim PKK Desa Pejengkolan. Kriteria penilaiannya meliputi kandungan kalori dan nilai gizi (30%), tekstur dan penampilan (15%), rasa (20 %), kesesuaian harga ( 15%), kreativitas ( 20%). Pemenang lomba hanya dipilih 1 orang dan berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 1.000.000,00 dari Bupati Kebumen yang akan diserahkan pada tanggal 21 Agustus 2022 bersamaan dengan Hari Jadi Kabupaten Kebumen.

Tujuan diselenggarakannya Lomba Cipta Menu B2SA berbasis sumber daya lokal adalah untuk :

  1. Meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi panganB2SA untuk meningkatkan kualitas hidupnya.
  2. Mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun menu B2SA berbasis sumber daya lokal.
  3. Membangun budaya keluarga untuk mengonsumsi aneka menu makanan B2SA untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di sekitar rumah (pekarangan).

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan
Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2