INFORMASI :

Selamat Datang di website Desa Candimulyo Kec. Kebumen.  Bersama membangun Desa  ==> Semangat persatuan terus dikobarkan, 77 tahun Indonesia merdeka semoga jadi momentum kebangkitan kita semua! Dirgahayu Indonesiaku <==

LOMBA MENYUSUN MENU MAKANAN SEHAT SEHARI TAHUN 2023

LOMBA MENYUSUN MENU MAKANAN SEHAT SEHARI TAHUN 2023

CANDIMULYO - Konsumsi pangan yang berkualitas sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat, aktif, cerdas dan produktif. Kualitas konsumsi dipengaruhi oleh keragaman jenis pangan yang dikonsumsi. Semakin beragam jenis pangan yang di konsumsi, semakin mudah untuk memenuhi kebutuhan gizi, bahkan semakin mudah tubuh memperoleh berbagai zat gizi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Sampai saat ini pola konsumsi pangan masyarakat masih menunjukan kecendrungan kurang beragam dari jenis pangan dan keseimbangan gizinya, maka perlu upaya untuk merubah pola pikir masyarakat ke arah pola konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) dengan melibatkan semua pemangku kepentingan

                Dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman, pada Tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Kebumen Menyelenggarakan Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehat Sehari di Desa/Kelurahan dengan Terbitnya Surat Edaran Nomor : 526/3085 Tanggal 16 Februari 2023.

               Mendasari Surat Edaran tersebut, untuk Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehat Sehari di Desa/Kelurahan Tahun 2023 untuk Kecamatan Kebumen dijadwalkan pada Rabu 1 Maret 2023 dan dilaksanakan serempak untuk semua Desa/Kelurahan, dan nantinya kegiatan tersebut akan dimonitoring dari Tim Kecamatan Kebumen. Menindak lanjuti surat dari Kecamatan Kebumen Nomor : 414.4.4/27 Tanggal 27 Februari 2023, Pemerintah Desa Candimulyo bersama Tim Penggerak PKK Desa Candimulyo Pada Hari Rabu Tanggal 1 Maret 2023 Jam 09.00 WIB bertempat di Aula Balai Desa Candimulyo menyelenggarakan Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehat Sehari yang di Ikuti oleh 9 Kelompok Penerima Manfaat (KPM). Peserta Lomba menyajikan makanan sehat sehari untuk 1 (satu) orang dewasa dengan kandungan 2100 kalori atau 3 piring nasi untuk menu makan Pagi, Siang, dan Malam komplit dengan komposisi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral senilai Rp. 30.000,- (1 piring Rp. 10.000,-). Tim Penilai adalah Tim Penggerak PKK Desa Candimulyo di bantu oleh kader PKK, Serta Bidan Desa.  Tim penilai melakukan penilaian terhadap seluruh menu yang disajikan  seluruh peserta berdasarkan kriteria yang meliputi kandungan kalori dan nilai gizi (30%), tekstur dan penampilan (15%), rasa (20 %), kesesuaian harga ( 15%), kreativitas (20%). Dan Pemenang Lomba berhak menerima hadiah dengan tingkataan Juara 1 sebesar  Rp. 500.000,- , Juara 2 sebesar Rp. 300.000,-, dan Juara 3 sebesar Rp. 200.000,-. Hasil Penilain Tim Penila Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehat Sehari di Desa Candimulyo adalah Juara 1 di menangkan oleh Ibu Atin dari RT 01 RW 02 dengan total nilai  259, Juara 2 di menangkan oleh Ibu Siyamti dari RT 03 RW 02 dengan total nilai 244, dan Juara 3 di menangkan oleh Ibu Muliyah dari RT 01 RW 02 dengan total nilai 241. Berita Acara hasil Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehat Sehari di Desa Candimulyo di laporkan kepada Tim Penggerak PKK Kecamatan Kebumen untuk di rekap dan dilaporkan kepada Bupati Kebumen melalui Dinas PMD untuk di tetapkan sebagai pemenang lomba dengan Keputusan Bupati Kebumen.

              Dengan adanya lomba ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman. Mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dan membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman guna memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada disekitar rumah.

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2